3 Tips Jika Ingin Mencuci Mobil Otomatis Menghindari Kerusakan

Wabah virus corona membuat tempat pencucian mobil yang menggunakan 'robot' ramai dikunjungi. Sebab tempat pencucian jenis ini minim interaksi sehingga dinilai lebih aman dari COVID-19 dibandingkan tempat pencucian mobil konvensional.
3 Tips Jika Ingin Mencuci Mobil Otomatis Menghindari Kerusakan
Sebab kamu kamu gak perlu keluar dari mobil, menyerahkan mobil dalam penanganan orang lain, dan menunggu sampai selesai. Risiko paparan virus pun kecil. Selain itu, proses pencuciannya juga tidak memakan banyak waktu. Praktis untuk pengendara yang hendak sekalian berangkat ke kantor.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dan menghindari kerusakan saat mencuci mobil secara otomatis, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut!

1. Tentukan lokasi yang pas

Kalau kondisinya kamu sedang di rumah dan tidak berencana melakukan perjalanan tapi tetap harus cuci mobil, pilih lokasi cuci mobil otomatis terdekat dari rumahmu. Jika kamu mengambil lokasi yang lebih jauh, mobilmu yang telah dicuci akan lebih lama terpapar dengan kotoran saat arah pulang.

Jika yang menjadi concern adalah kualitas, kamu bisa terlebih dahulu melihat saran dan ulasan lewat internet. Riset sejenak ini juga bisa memberikan informasi seputar harga. Dengan demikian, kamu bisa tahu hasil yang sekiranya akan kamu dapatkan dengan harga tertentu.

2. Rapatkan kaca jendela dan lipat spion

Sebelum memulai proses pencucian, pastikan semua jendela tertutup dengan rapat. Jika berkendara bersama anak-anak, ada baiknya untuk mengunci jendela. Jangan lupa juga untuk melipat kaca spion di samping kanan-kiri mobil. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko kerusakan yang bisa terjadi dari tekanan sikat-sikat jumbo dan semprotan air yang kuat.

3. Selalu ikuti instruksinya

Terlepas ini kali pertama atau kesekian kalinya kamu menggunakan jasa cuci mobil otomatis, tetap penting untuk selalu memerhatikan instruksi dari petugas atau kode-kode mesin pencuci. Apalagi jika kamu sering berpindah tempat cuci mobil otomatis. Teknologi yang digunakannya bisa saja berbeda.

Dengan mengikuti instruksi, kamu bisa mendapatkan hasil cuci yang optimal dan mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada mobil. Contohnya adalah di beberapa tempat cuci mobil otomatis, mobil transmisi manual diharuskan dalam mode netral dan mobil transmisi otomatis diharuskan dalam mode parkir saat mencuci mobil secara otomatis.