6 Objek Wisata Bangunan Bersejarah Kota Veracrus Meksiko

Veracruz merupakan salah satu kota di sebelah timur Meksiko, sekaligus menjadi kota pelabuhan terbesar di negara ini. Kota ini termasuk kota besar dengan penduduk lebih dari 550 ribu jiwa dan sudah berdiri sejak tahun 1519 oleh Hernan Cortez.

Kota terbesar di negara bagian Veracruz ini memiliki usia yang sudah tua dan berdiri sejak masa penjajahan Spanyol di Meksiko. Maka tidak mengherankan apabila kota ini memiliki berbagai macam bangunan tua yang berarsitektur khas Spanyol. Buat kalian yang berkeinginan untuk berkunjung ke Meksiko, terutama Veracruz, maka harus tahu beberapa bangunan bersejarahnya berikut ini.

1. San Juan de Ulua

San Juan de Ulua merupakan bangunan benteng yang terletak di pesisir Kota Veracruz yang tak jauh dari Pelabuhan Veracruz. Benteng ini sudah didirikan pertama kali pada tahun 1565, ketika Meksiko masih menjadi bagian dari bangsa Spanyol setelah berhasil menaklukkan Kerajaan Aztek.

Setelah Meksiko memerdekakan diri dari Spanyol di abad ke 19, benteng ini pernah diduduki oleh beberapa negara seperti Prancis dan Amerika Serikat. Sekarang, benteng ini digunakan sebagai museum dan menjadi salah satu landmark terkenal di Veracruz.

2. Palacio Municipal

Palacio Municipal merupakan salah satu landmark terkenal lain di Veracruz, yang juga terletak di pusat kota. Bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1627 dan menjadi tempat tinggal dari pemimpin New Spain pada masa itu yang bernama Luís de Velasco.
Palacio Municipal
Sedangkan bentuk arsitekturnya tak kalah menarik yang bergaya Spanyol dengan pintu setengah lingkaran yang begitu mengaggumkan. Selain itu, lokasinya sangat strategis tepat di depan Plaza de Armas membuat bangunan ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

3. Baluarte de Santiago

Baluarte de Santiago menjadi salah satu destinasi menarik di kawasan pusat kota Veracruz. Bangunan ini merupakan peninggalan militer yang dibangun sejak tahun 1636 dan dipergunakan sebagai benteng perlindungan Kota Veracruz, sehingga letaknya tidak jauh dari pelabuhan. Sedangkan arsitekturnya begitu kental akan kolonial Spanyol, bahkan bangunannya masih terlihat utuh dan terawat. Meskipun ada beberapa kerusakan dan warnanya yang mulai lapuk.

4. Faro Venustiano Carranza

Berikutnya ada Faro Venustiano Carranza yang merupakan bangunan tua di pesisir pantai Veracruz. Bangunan ini sebenarnya merupakan kesatuan mercusuar, museum sekaligus kantor dari Pelabuhan Veracruz. Gedung ini sudah dibangun pada tahun 1902 dan selesai sejak tahun 1910.

Gedung megah ini menjadi bangunan ikonik yang ada di Veracruz karena arsitekturnya begitu kental akan gaya arsitektur bangunan khas Spanyol. Sementara bagian depannya terdapat patung dari Venustiano Carranza.

5. Cathedral de Veracruz

Kemudian ada Cathedral de Veracruz yang menjadi gereja terbesar di kota ini. Letaknya pun juga sangat strategis tepat di pusat kota. Bangunan gereja ini sudah dibangun pada awal abad ke 17 dan selesai di tahun 1731. Serta terdapat satu menara besar yang ada di sebelah bangunan utama.

Salah satu bagian yang menonjol dari gereja ini adalah kuba yang menyerupai bangunan Basilica Santo Petrus di Vatican. Sedangkan gaya arsitekturnya memadukan neoklasik dan unsur lokal Meksiko.

6. San Carlos Fortress 

Terakhir, terdapat pula San Carlos Fortress yang letaknya agak jauh dari Kota Veracruz, di mana berjarak sekitar 150 km. Lokasi benteng ini ada di kota Perote yang masih masuk dalam negara bagian Veracruz. Sementara benteng ini sudah berdiri sejak tahun 1776, setelah dibangun selama enam tahun lamanya.

Bangunan benteng ini lebih banyak dipergunakan sebagai penjara yang sudah memenjarakan berbagai tawanan perang, sejak Perang Kemerdekaan, Perang Amerika-Meksiko dan terakhir Perang Dunia II untuk menampung para tawanan Jerman dan Italia. Saat ini, bangunan tersebut digunakan sebagai museum dengan bentuk yang masih sama seperti sedia kala.

Sudah tahu kan keenam bangunan tua di Veracruz ini dan pastinya buat kalian yang berencana jalan-jalan ke Meksiko gak boleh melewatkan destinasi di atas. Kalian mau berkunjung ke mana dulu nih?