8 Penyebab Dan Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca Di Smartphone

Ada beragam kendala yang kamu dapatkan ketika berganti atau menggunakan smartphone baru. Salah satunya adalah kartu SIM yang tidak terdeteksi. Ada banyak alasan mengapa itu bisa terjadi dan untuk mengatasinya, kamu terlebih dahulu harus mengetahui apa penyebabnya. Berikut ini beberapa kemungkinan yang dapat membuat kartu SIM-mu tidak terdeteksi di smartphone.
8 Penyebab Dan Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca Di Smartphone
1. Posisi kartu yang tidak benar

Terkadang kamu bisa memasukkan kartu SIM dengan posisi yang salah dan ini menyebabkannya tidak terdeteksi. Coba cek kembali apakah posisi kartumu sudah benar apa belum.

2. Slot kartu SIM rusak

Di beberapa momen, kartu SIM yang tidak terdeteksi bukanlah karena kesalahanmu atau kartunya sendiri, melainkan karena masalah di smartphone. Jika slot kartu SIM-nya rusak, maka smartphone-mu akan memberikan info jika tidak terdeteksi. Untuk masalah ini, yang bisa kamu lakukan adalah membawanya ke service center.

3. Software smartphone korup

Belum tentu smartphone yang tidak mendeteksi kartu SIM datang karena permasalahan hardware. Malahan mungkin ada masalah software juga yang menjadi penyebabnya. Masalah software, coba nyalakan ulang smartphone-mu dan lihat apakah akhirnya terdeteksi atau tidak. Alternatif lain adalah menyalakan mode pesawat dan mematikannya kembali, lalu lihat apakah kartu SIM-nya jalan atau tidak.

4. Kartu SIM sudah terlalu lama

Kalau nomor kartumu tidak ganti-ganti dalam waktu lama, cobalah untuk membawa kartu itu ke tempat provider untuk dicek. Kartu SIM yang sudah lama terkadang memang tidak dikenali dan provider akan menggantinya dengan yang baru.

5. Kuningan kartu SIM rusak

Apa kamu sering bergonta-ganti kartu SIM? Kalau iya, bisa jadi kuningan di kartu SIM-mu rusak. Paling umum kerusakan yang bisa kamu lihat adalah adanya gesekan yang sangat dalam di bagian kuningan tersebut. Provider bisa membantumu untuk masalah ini dengan mengganti kartu tersebut.

6. Kartu SIM kepanasan

Masalah ini cukup jarang terjadi, tetapi ada kemungkinan jika smartphone yang kamu gunakan sering terasa panas. Akibatnya kartu SIM menjadi rusak. Coba cek kembali kondisi kartu SIM-mu dan pastikan kembali apakah smartphone-mu memang biasanya terasa panas atau tidak. Jika kartu SIM yang lain bisa terbaca dan hanya kartu SIM-mu yang tidak terdeteksi, coba bawa ke provider untuk diperiksa lebih lanjut.

7. Kartu SIM-mu terblokir

Apakah kamu sudah membayar paket langganan atau belum? Kapan terakhir kali mengisinya? Bukan tidak mungkin masalah kartu SIM tidak terdeteksi datang dari provider kartumu yang memblokir nomormu. Tanyakan kepada bagian customer service apakah nomormu memang diblokir atau tidak. Jika iya, kamu tinggal mengurus cara membukanya kembali sesuai provider masing-masing.

8. Kartu SIM-mu kotor

Pasti ketika memasukkan kartu SIM ke dalam smartphone berada pada kondisi yang bersih. Debu atau mungkin pasir bisa mengganggu deteksi kartu SIM-mu. Coba bersihkan kartumu dan slotnya. Ada banyak upaya yang bisa kamu lakukan untuk membuat kartu SIM-mu terdeteksi kembali. Cara termudah adalah dengan mencoba kartu SIM yang lain di smartphone-mu tersebut dan melihat apakah terdeteksi atau tidak.

Jika kartu SIM-mu di smartphone lain terdeteksi, berarti yang bermasalah smartphone-mu. Tapi jika sebaliknya, berarti kartu SIM-mu yang bermasalah.