Airpods Generasi Pertama Vs Generasi Kedua

Airpods ialah earbud bluetooth nirkabel yang dibuat oleh perusahaan Apple khusus untuk penggunaan pada perangkat iOS. Terdapat dua jenis airpods, yaitu generasi pertama dan generasi kedua, dimana keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Generasi Pertama Airpods

Perusahaan Apple, pertama kali mengumumkan Airpods generasi pertama pada tanggal 7 September 2016. Hal ini bersamaan dengan Apple 7 beserta Apple watch series 2. Kemudian produk ini dirilis pada 13 Desember 2016.

Airpods generasi ini menggunakan prosesor Apple W1 SoC yang berfungsi membantu mengoptimalkan penggunaan pada baterai serta memproses koneksi bluetooth dan audio. Selain itu, fungsi lainnya ialah sebagai headphone bluetooth standar saat terhubung ke perangkat  yang mendukung bluetooth 4.0.

Airpods ini memiliki dua mikrofon, satu setinggi telinga yang menghadap keluar dan satunya lagi pada bagian bawah batang. Airpods memiliki berat 4g (0.14 oz) sedangkan kotaknya 38g (1,34 oz). Airpods generasi pertama mampu digunakan 5 jam dalam keadaan baterai penuh.

Generasi Kedua dari Airpods

Untuk generasi kedua, Apple mengumumkannya pada 20 Maret 2019. Tak ada yang berbeda dari generasi pertama dalam hal desain, namun untuk fitur-fiturnya, Airpods generasi kedua sudah banyak dilakukan pembaruan.

Airpods Generasi kedua, menggunakan prosesor H1 yang telah mendukung handsfree “Hey Siri”. Memakai konektivitas bluetooth versi 5. Apple mengklaim bahwa waktu koneksi perangkat lebih banyak, serta waktu bicara 50% lebih banyak.

Wadah pengisian daya dapat dibeli terpisah dan airpods generasi kedua dapat dibeli dengan pengisi daya seri generasi pertama karena masih kompatibel. Perbedaannya hanya ada pada lampu indikator LED di bagian luar casing.

Keunggulan Airpods Generasi Kedua

Airpods

Dengan rilisnya Airpods generasi kedua, membuat generasi pertama berhenti di pasaran. Hal itu menyebabkan pertanyaan banyak orang mengenai apa saja keunggulan-keunggulan airpods generasi kedua tersebut.

1.     Durasi Talk Time

Dengan dibekali prosesor chip H1 yang berfungsi meningkat durasi talk time dibandingkan dengan generasi pertama. Dengan menggunakan chip tersebut, penggunaanya bisa memakai waktu bicara lebih banyak sampai 50 persen.

Selain itu, Airpod generasi kedua ini juga memiliki berbagai macam sensor yang berfungsi mendukung performanya. Salah satunya yaitu automatic in ear detection yang membuat pengguna bisa langsung tersambung pada iPad ataupun iPhone saat dipasang di telinga.

2.     Fitur Siri

Selain dibekali prosesor chip H1, airpods ini juga dipasang fitur “hey siri” yang membuat penggunaannya lebih mudah. Fitur ini berfungsi akan kendali penuh terhadap kontrol smartphone yang digunakan serta menjadikannya lebih nyaman dan efisien untuk pemakaiannya.

Mulai dari membuat panggilan, memutar atau mengganti lagu hingga menyesuaikan besar volume, cukup hanya dengan menggunakan siri, semua bisa terselesaikan tanpa harus menekan tombol apapun.

3.     Wireless Charging

Keunggulan selanjutnya yang diberikan oleh Apple pada airpods generasi kedua  yaitu wireless charging case. Mengisi daya hanya dengan meletakkannya pada kotak ataupun case tersebut tanpa harus repot – repot mencari sumber aliran listrik.

Adanya fitur wireless charging case, sangat membantu dalam banyak hal, salah satunya yaitu saat berpergian. Selain itu, tersedianya sebuah lampu indikator LED pada bagian depan casenya guna mengetahui daya pengisian baterai.

Sepertinya apple tidak mau sembarangan dalam hal peluncuran airpods generasi kedua, maka dari itu generasi kedua lebih diunggulkan dibandingkan dengan generasi pertama. Itulah tadi pembahasan mengenai airpods Gen-1 dan Gen 2. Terimakasih,